Senin, 21 September 2015

Gunung Papandayan (web)
Gunung Papandayan (web)

Gunung Papandayan Kebakaran, BKSDA Kurang Tegas Terhadap Pengunjung

GARUT, FOKUSJABAR.com: Lagi-lagi pihak Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Garut Jawa Barat menuding penyebab kebakaran merupakan ulah para pengunjung. Tetapi pihak BKSDA sendiri lalai terhadap pengawasan para pengunjung gunung Papandayan.
Menurut Ilet Rawayan, aktivis lingkungan di gunung Papandayan, setiap kali terjadi kebakaran di gunung Papandayan, pihak BKSDA Garut menuding itu merupakan akibat pengunjung yang tak mematikan api setelah membuat perapian atau usai memasak.
” Kami konfirmasi pihak BKSDA Garut, penyebab kebakaran selalu ditudingkan kepada para pengunjung, ” ujarnya, Senin (7/9/2015) kepada wartawan.
Sementara itu petugas BKSDA sendiri tak pernah melakukan pengendalian kepada para pengunjung gunung Papandayan, berapapun jumlah pengunjung selalu diizinkan.
” Sementara di gunung-gunung lainnya, jumlah pengunjung itu selalu dibatasi, di sini enggak ada pembatasan jumlah, ” ungkap Ilet.
Lanjut Ilet salah satu kawasan gunung Papandayang yang terbakar adalah Tegal Alun, dulu merupakan kawasan konservasi yang dilarang untuk dijadikan sebagai lokasi kamping, namun saat ini justru banyak pengunjung yang datang ke kawasan tersebut.
” Coba saja, Tegal Alun itu dilarang bagi pengunjung, sekarang pengunjung tetap dibiarkan masuk kawasan itu, ” ucapnya.
Para aktivis lingkungan gunung Papadayan berharap pihak BKSDA Garut, selain berupaya memadamkan api juga harus tetap membatasi para pengunjung, sehingga kebakaran gunung Papandayan dapat terhindarkan.
” Tahun ini sudah terjadi beberapa kali kebakaran, selain Tegal Alun dan Bandung Pluit yang saat ini terbakar, juga kawasan puncak Tegal Bublun pernah terbakar, ” pungkas Ilet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar