Senin, 21 September 2015

Ayam (web)
Ayam (web)

Harga Ayam di Pasar Kok Mahal Ya ?, di Kandang Cuma Rp11 Ribu Looh…

CIAMIS, FOKUSJabar.com : Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis Sutriaman didampingi Kabid Bina Usaha Otong Bustomi mengatakan, harga ayam di kandang atau di tingkat peternak anjlok hingga Rp11.500 perkilogram. Namun anjloknya harga ayam di kandang ini tidak berbanding lurus dengan harga ayam potong di pasar.
“Aneh, di pasar saya sudah pantau harganya masih di kisaran Rp37 ribu perkilogram, termasuk di toserba Yogya, padahal idealnya ya Rp25 ribu ke atas, ” kata Bustomi, Senin (21/09/2015).
Anjloknya harga ayam di tingkat peternak ini disebabkan masuknya ayam hidup dari Jawa Tengah dengan harga murah. Bustomi menduga broker ayam membuat harga ayam jumplang dan tidak stabil antara harga dari peternak dengan harga di pasaran.
“Harusnya ada penyesuaian, tetapi ulah broker ini susah dibendung. Mereka ada, tetapi kita tidak tahu keberadaannya. Bagaimana cara membasmi mereka, mereka punya pasar, dan susah dibasminya, kecuali kita buat sistem yang bagus, ” kata Bustomi.
Anjloknya harga ayam di kandang ini kata Bustomi bukan berarti kondisi ayam di Ciamis kosong. Kondisi ayam di Ciamis masih stabil bahkan masih mendistribusi dengan normal ke pasar di Bandung dan Jakart.
“Padahal kalau berdasar perhitungan ekonomi pengusa dan peternak jelas sangat rugi, karena harganya murah, tapi ini tidak membuat mereka mengurangi produksi ayam. Apalagi demo, ” kata dia.
Seperti diberitakan sebelumnya pedagang daging ayam di Pasar Manis Ciamis mengaku menjual daging ayam seharga Rp37 ribu/kilogram. Mereka tidak menurunkan harga jual dengan alasan kondisi pembeli sepi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar