Minggu, 06 September 2015

ILustrasi (web)
ILustrasi (web)

BMKG : Musim Hujan Diperkirakan Baru Terjadi di Bulan Desember

BANDUNG,FOKUSJabar.com: Prakirawan Cuaca Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung Muhamad Iid memperkirakan musim hujan baru akan terjadi pada bulan Desember. Hal tersebut dikarenakan adanya fenomena El Nino.
“Diperkirakan kemarau akan lebih panjang dari biasanya. Awal musim hujan baru akan terjadi pada bulan Desember,” ucap Iid di Bandung, Minggu (6/9/2015).
Menurut Iid, fenomena El Nino terus menguat hingga menjelang akhir tahun 2015. Kemarau yang biasanya berlangsung April hingga September, tahun ini diperkirakan baru akan berakhir November.
“Musim hujan yang biasanya mulai berlangsung Oktober hingga April, tahun ini dikhawatirkan baru akan bermula pada bulan Desember,” katanya.
Iid menjelaskan, fenomena El Nino merupakan gejala alam berupa naiknya suhu permukaan laut di Samudra Pasifik sekitar ekuator, khususnya di sekitar Cile dan Peru. Ini diikuti turunnya suhu permukaan air di beberapa wilayah perairan Indonesia.
“Di sisi lain, hal ini berdampak pada terjadinya kekeringan di beberapa daerah di Indonesia, diperkirakan yan akan terkena dampaknya antara lain bagian timur Indonesia dan kawasan sekitar Lintang Selatan seperti Sumatera Selatan, Lampung, Jawa, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, dan bagian selatan Papua,” pungkasnya.
(Budi/MSU)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar