Jumat, 25 September 2015

Ilustrasi (web)
Ilustrasi (web)

Dilanda Kekeringan 600 Petani Beralih Profesi

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Musim kemarau panjang yang mengakibatkan Kabupaten Bandung Barat dilanda kekeringan membuat para petani beralih profesi mulai dari pekerja bangunan harian hingga menjadi asisten rumah tangga.
Musim kemarau yang terjadi selama tiga bulan ini, mengharuskan 600 petani di Desa Cilame berganti profesi , karena lahan garapan mereka sudah kering dan sulit mendapatkan pengairan.
“Ada sekitar 600 dari 700 petani yang biasanya bercocok tanam kini beralih profesi jadi pekerja serabutan,” ungkap Kepala Urusan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Desa Cilame Kabupaten
Bandung Barat Wawan, Jum’at (25/9/2015).
Kata Wawan, surutnya sumber air jadi faktor utama, karena pertanian jadi mata pencaharian utama yang sebagian besar warganya adalah petani penggarap.
Sebab itu, dalam memenuhi kewajibannya untuk menstabilkan kebutuhan hidupnya, para petani ini bahkan ada yang pergi sampai ke luar kota untuk menjadi pekerja bangunan harian.
Peralihan profesi tersebut berdampak pada produksi sayuran di Desa Cilame. Saat ini produksi sayuran dari desa tersebut berkurang sampai 80 persen.
“Biasanya hasil sayuran seperti bayam, sawi dan jagung berlimpah, tapi sekarang jadi turun drastis karena tidak ada sumber air,” tukasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar