Senin, 21 September 2015

Fenomena Kekeringan, Nelayan di Perairan Justru Diuntungkan
Ilustrasi Nelayan (wwf)

Kemarau Nelayan Sulit Dapatkan Ikan

PANGANDARAN,FOKUSJabar.com: Sejumlah nelayan di Pantai Timur Kabupaten Pangandaran mengaku sulit mendapatkan ikan saat cuaca kemarau.
Seorang nelayan Pantai Timur Wahyu Widodo menjelaskan, cuaca kemarau menyebabkan kondisi air laut menjadi dingin akibat es yang meleleh di Kutub Utara dan Selatan, tak heran jika siklus ini sangat menyulitkan para nelayan untuk mendapatkan ikan.
“Menurut pengalaman saya ikan-ikan mencari areal perairan yang lebih hangat yakni ke dasar laut,” ungkapnya saat dihubungi via telepon, Selasa (8/9/2015)
Wahyu menuturkan, jika biasanya dalam sehari berlayar nelayan bisa mendapatkan satu kuintal ikan, sekarang untuk mendapatkan sembilan Kg ikan saja sudah sulit.
” Dari seharinya biasanya kita berlayar dua kali, subuh dan sore.  Dan biasanya mendapatkan ikan sekuintal sekarang mah cuma sembilan Kg saja, gara-gara kondisi air yang dingin akibat cuaca kemarau,” paparnya.
Dengan kondisi seperti ini kata Wahyu, biasanya para nelayan memfokuskan diri untuk memperbaiki ‘peralatan tempurnya’ seperti mesin perahu dan menjait jaring-jaring yang sudah bolong-bolong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar