Sabtu, 14 November 2015

Ilustrasi
Ilustrasi

Di Cimahi Selama 4 Tahun 25 Orang Meninggal Dunia Akibat HIV/AIDS

CIMAHI, FOKUSJabar.com: Berdasarkan data tahun 2011 hingga September 2015, tercatat sebanyak 244 usia produktif di Kota Cimahi yang terjangkit virus HIV/AIDS. Dari jumlah  tersebut, 25 orang diantaranya telah meninggal dunia.‬
Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS Kota Cimahi, Kin Fathuddin mengatakan, rata-rata usia produktif antara 20-30 tahun yang mencapai 51%.
Disebutkan Kin, berdasarkan data kumulatif, dari total 244 orang yang terjangkit HIV/AIDS  25 orang diantaranya telah meninggal dunia.
Mereka yang terjangkit HIV/AIDS rata-rata para remaja yang tidak bekerja dan masih sekolah/kuliah.  Dan perilaku seks bebas menjadi pemicu penyebaran HIV/AIDS di kalangan remaja.
‪”Mereka tertular karena tidak tahu resiko akibat melakukan tindakan berisiko seperti penggunaan narkoba dengan jarum suntik, dan seks bebas paling dominan di tiga tahun terakhir,” kata Kin, Sabtu (14/11/2015).
Kin menjelaskan, kasus HIV/AIDS meningkat karena untuk penanganan penyakit HIV/AIDS membutuhkan terapi yang akan dilakukan seumur hidup pasien.
“Namun yang jadi persoalan adalah temuan kasus yang barunya ini meningkat atau menurun,” ujarnya.‬
‪Kin melanjutkan, temuan kasus HIV/AIDS sensiri selalu meningkat disetiap tahunnya. Kendati demikian, peningkatan kasus HIV/AIDS ini bukan berarti sebuah kegagalan.
“Hal ini menandakan kesadaran masyarakat untuk melakukan tes HIV semakin tinggi, dan ini tentunya merupakan suatu keberhasilan dalam menjaring para pengidap HIV/AIDS,” tukasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar