Sabtu, 14 November 2015

DSC_0858

Ups! 42 Kecamatan di Garut Berpotensi Longsor ?

GARUT, FOKUSJabar.com: Pergantian musim dari kemarau ke penghujan mengakibatkan sebanyak enam Kecamatan di Kabupaten Garut dilanda bencana longsor.
Hal tersebut dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Djakaria. Menurut dia, bencana longsor tersebut masih dalam skala kecil dan tidak menyebabkan korban jiwa.
“Keenam Kecamatan itu yakni, Cibatu, Pasirwangi, Cigedug, Caringin, Banjarwangi dan Kecamatan Caringin,” kata Dadi Djakaria, Sabtu (14/11/2015).
Sebagai upaya dan langkah untuk mengantisipasi bencana tersebut, pihaknya telah melakukan sosialisasi di sejumlah Kecamatan yang dianggap rawan longsor. Ia berharap, pemerintah Kecamatan melakukan penyebarluasan informasi kepada masyarakatnya.
Selain melakukan sosialisasi, BPBD Garut juga telah memasang rambu-rambu himbauan pemasangan papan jalur evakuasi di beberapa lokasi. Artinya, jika terjadi longsor, lokasi itu dijadikan sebagai tempat evakuasi.
Kepala BPBD mengakui, 42 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Garut memiliki potensi longsor karena terdapat tebing-tebing yang ketinggiannya lebih dari 10 meter.
“ Tebing dengan ketinggian lebih dari 10 meter, berpotensi terjadi longsor. Karenanya, kami ingatkan agar seluruh masyarakat selalu waspada dan berhati-hati ketika daerahnya diguyur hujan deras,” pungkas Dadi Djakaria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar