Kamis, 25 Juni 2015

kasat lantas polres garut

Infrastruktur Jalan Baik, Pasar Tumpah Bisa Ganggu Arus Mudik Lebaran Di Garut

GARUT, FOKUSJabar.com : Kondisi pasar tumpah, delman, dan parkir kendaraan sembarangan merupakan permasalahan utama dalam menghadapi kepadatan kendaraan saat arus mudik berlangsung di wilayah Garut. Hal ini dikatakan Kasat Lantas Polres Garut, Ajun Komisari Polisi Firman Safrul.
Kasatlantas Polres Garut menuturkan, berdasarkan hasil survei di lapangan, kondisi infrastruktur jalan mulai dari Kadungora-Leles-Garut dan Balubur-Limbangan-Lewo-Malangbong dalam kondisi cukup baik. “Kami lihat infrastruktur jalan sudah baik, dan sudah siap dilewati para pemudik nanti,” kata Firman, Kamis (25/6/2015).
Akan tetapi, kata dia, yang menjadi persoalan dan harus menjadi prioritas utama, yakni penanganan pasar tumpah. Di antaranya, pasar tumpah Kadungora, Leles hingga Tarogong. Selanjutnya kawasan Limbangan, Bandrek, Lewo hingga Malangbong.
“Selain pasar tumpah, juga delman, dan parkir kendaraan sembarangan yang menjadi permasalahan saat arus mudik dan balik lebaran,” tambahnya.
Masih menurut Firman, untuk mengatasi hal itu, pihak kepolisian maupun Dinas Perhubungan Garut serta pihak terkait lainnya, saat ini masih melakukan pembahasan terkait pengaturan kegiatan pasar tumpah dan kegiatan operasional delman agar tak mengganggu aktivitas jalur mudik lebaran.
”Harapan saya ada jalan keluar. Untuk persoalan pasar tumpah dan delman, karena kedua persoalan itu menjadi simpul kemacetan di jalur Kadungora maupun Limbangan,” pungkasnya.
Sebagaimana diketahui, tahun lalu menjelang lebaran, Pemkab Garut memberlakukan agar delman dilarang untuk beroperasi selama 14 hari di kawasan Leles, Kadungora, Tarogong, Limbangan, Lewo dan Malangbong. Pada saat itu, para kusir delman diberikan insentif sebagai ganti rugi.
(Deni Rinjani/ang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar