Kamis, 25 Juni 2015

Situ Cibeureum, Kecamatan Tamansari, Tasikmalaya (Foto: WEB)

Dikelola Banyak Dinas, Potensi Wisata Situ Cibeureum Tasikmalaya Terabaikan

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.com : Objek wisata kebanggan warga kecamatan Tamansari yaitu Situ Cibeureum memiliki potensi cukup besar apabila dikelola dengan baik.
Beberapa dinas pun diketahui terlibat dalam pengelolaannya. Hal tersebut justru membuat pengelolaan dirasakan kurang maksimal karena setiap dinas terkait memiliki ego mengembangkannya berdasarkan kepentingan masing-masing.
Situ Cibeureum, Kecamatan Tamansari, Tasikmalaya (Foto: WEB)
Situ Cibeureum, Kecamatan Tamansari, Tasikmalaya (Foto: WEB)
“Seharusnya makin baik, soalnya yang mengelola banyak yang terlibat. Ada PSDA, ada Bina Marga, ada Disbudparpora bahkan katanya yang mengelola pun ada dari Propinsi,” ungkap  Sekretaris Kecamatan Tamansari, Dimas Iskandar saat ditemui FOKUSJabar, Kamis (25/06/2015).
Menurutnya, kondisi pengelolaan Situ Cibeureum yang kurang baik akhirnya  hanya dimanfaatkan sebagai sumber pengairan lahan pertanian mereka masyarakat. Padahal, dengan panorama alam yang indah dan suasana yang sejuk, Situ Cibeureum bisa menjadi objek wisata yang lebih maju dan dapat membantu meningkatkan produktifitas masyarakat sekitar.
“Sudah beberapa kali ada pihak dari Disbudparpora datang kesini memeriksa, tapi belum ada tahap lanjutan untuk pengembangan. Paling baru dikelola oleh karang taruna, dan hanya dimanfaatan airnya oleh masyarakat untuk mengairi lahan pertanian,” paparnya.
Dimas menegaskan, pihak kecamatan Tamansari sudah berupaya mengajukan permohonan ke pihak terkait supaya Situ Cibeureum dikelola dengan maksimal sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.
“Kita sudah beberapa kali mengajukan ke beberapa dinas yang terlibat dalam pengelolaan Situ Cibeureum agar dapat dikelola dengan baik. Karena kalau dikelola dengan baik, dapat membantu kesejahterakan masyarakat juga. Cuma sampai sekarang, belum ada tindakan yang jelas,” pungkasnya.
(Purkonudin/ang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar