Kamis, 25 Juni 2015

hubungan arus pendek (ilustrasi : web)
hubungan arus pendek (ilustrasi : web)

Arus Pendek Diduga Penyebab Kebakaran Saat Ramadhan

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Kepala Bidang Pemadaman Dinas Penanggulangan dan Pencegahan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung, Yosef Heryansyah menyatakan, kejadian kebakaran yang terjadi selama awal Ramadhan di Kota Bandung diduga banyak dipicu oleh hubungan arus pendek listrik.
“ Saat Ramadhan kan aktivitas pemakaian listrik meningkat. Ditambah kegiatan memasak ibu ibu lebih sering  untuk menyiapkan sahur. Ini bisa menjadi potensi terjadinya kebakaran jika tidak hati – hati, ” ucap Yosef saat dihubungi, Kamis (25/6/2015).
Yosep mengimbau, masyarakat harus melakukan pemeriksaan instalasi listrik secara rutin. Hal itu sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya kebakaran.
“Jangan menggunakan listrik melebihi beban, seperti menumpuk colokan, juga gunakan selalu peralatan listrik berstandar SNI. Peralatan masak juga, misalnya dengan mengecek selang dan regulator tabung gas,” katanya.
Menurut Yosef,  musim kemarau juga menjadi salah satu potensi terjadinya kebakaran, karena ada peningkatan suhu.
“Saat siang cuaca panas sekali. Saking panasnya bisa saja menimbulkan api. Misalnya, seng mengelupas mengenai bahan yang mudah terbakar didukung dengan udara dan panas, jadilah api,” terangnya.
Untuk diketahui, sudah ada lima peristiwa kebakaran yang terjadi di awal bulan Ramadhan. Yaitu, di Jalan Nyengseret, Soekarno Hatta, Batununggal Elok, Cidurian Utara dan Kiaracondong.
(BUDI/DEN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar