Kamis, 10 Desember 2015

Kondisi kolam kura kura Belawa yang mengering hampir tidak ada air. Beberapa bangkai Kura-kura Belawa dibiarkan saja tak terus. (Foto; Panji )
Kondisi kolam kura kura Belawa yang mengering hampir tidak ada air. Beberapa bangkai Kura-kura Belawa dibiarkan saja tak terus. (Foto; Panji )

Sedih! Puluhan Kura-kura Belawa Mati Akibat Tak Terurus

CIREBON, FOKUSJabar.com: Ironis, selain habitat dan populasi yang buruk, puluhan kura-kura di Desa Belawa Blok Cikuya Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon ditemukan mati dan telah menjadi bangkai .
Pantauan di lapangan, sejumlah bangkai dibiarkan begitu saja di pos pintu masuk objek wisata dan penangkaran Belawa di kawasan objek wisata yang sudah tak terpakai.
Kolam utama tempat kura-kura dewasa hidup semakin mengering. Ketinggian air di kolam pun tidak lebih dari 15 cm.
“Hampir tidak ada air sama sekali. Kura-kura pun hanya bersembunyi di bawah lumpur,” sebut salah seorang warga Desa Belawa H Taufik, Rabu (9/12/2019).
Taufik menyayangkan pihak pemerintah setempat yang enggan melestarikan kura-kura Belawa, bahkan perhatian untuk bangkai-bangkai yang terbengkalai pun tak ada.
“Kalau mau dikubur ya dikubur atau dimuseumkan ya segera diurus jangan dibiarkan begini. Kasian kura-kura juga makhluk hidup dan perlakuannya sama,” tegasnya.
Dia berharap ada perhatian yang baik dan lebih dari pemerintah setempat. Khususnya terkait populasi dan objek wisata kura-kura belawa yang memprihatinkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar