Rabu, 02 Desember 2015

Ilustrasi
Ilustrasi

161 dari 427 Orang Penderita HIV/AIDS di Garut Meninggal Dunia

GARUT, FOKUSJabar.com: Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Jawa Barat, jumlah penderita HIV/ AIDS sejak ditemukan tahun 2004  hingga tahun 2015 ini berjumlah 427 orang, 161 orang dinyatakan sudah meninggal dunia.
Kasi pemberantasan penyakit Bidang pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dr. Marlinda Siti Hana, mengatakan usia produktif merupakan terbanyak penderita HIV/AIDS sebanyak 333 orang dan usia kurang dari tahun berjumlah tiga orang.
” Yah terhitung tinggi angka penderita HIV/AIDS di Garut, mencapai 427 orang selama 10 tahun terakhir, ” ujarnya, Rabu (2/12/2015).
Pengguna jarum suntik (Penasun) beresiko tertular HIV/AIDS cukup tinggi hingga mencapai 185 penderita dan para suami yang suka ” jajan” di luar (pengguna PSK) berada pada posisi kedua dengan jumlah 126 orang. Umumnya penderita HIV/AIDS di Garut merupakan usia produktif yaitu sebanyak 333 orang, dan penderita kurang dari setahun berjumlah tiga orang.
“Penderita HIV/AIDS di Garut umumnya adalah usia-usia produktif dengan mayoritas penderita berjenis kelamin laki-laki yang berjumlah 279 dan perempuan sebanyak 146, ” ungkap Marlinda.
Lanjut Marlinda, penyebaran HIV/AIDS cukup luas mencapai 29 kecamatan dari 42 kecamatan yang ada di Garut. Kecamatan Garut dengan jumlah penderita paling tinggu mencapai 145 orang, Tarogong Kidul sebanyak 89 orang dan Kecamatan Tarogong Kaler sebanyak 41 orang.
” Banyak ditemukan di daerah perkotaan akibat pergaulan, misalnya suaminya kerja di kota, dan suka jajan dan ketika pulang ke kampung berhubungan dengan istrinya otomatis bisa menularkan, ” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar