Minggu, 09 Agustus 2015

Seorang Pengunjung Saat Mengabadikan Kolam Keramat Cikawali Melalui Kamera HP (Foto : Husen)
Seorang Pengunjung Saat Mengabadikan Kolam Keramat Cikawali Melalui Kamera HP (Foto : Husen)

Kolam Keramat Cikawali Jadi Pertanda Keadaan Negara

CIAMIS,FOKUSJabar.com : Kolam keramat Cikawali di Situs Astana Gede Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, warna airnya dipercaya bisa menjadi pertanda bagi keadaan negara. Selain itu ikan yang menghuni di kolam tersebut bisa menandakan situasi masyarakat sekitar.
“Kalau warnanya keruh itu menandakan keadaan negara sedang mengalami banyak masalah terjadi kekacauan,” tutur Daday Hendarman Praja juru kunci Astana Gede Kawali.
Selain warna air dari kolam Cikawali tersebut bisa menjadi pertanda ( Ciciren/Sunda ) lanjut Daday, ikan-ikan yang berada di kolam tersebut bagi masyarakat sekitar Astana Gede dipercayai bisa memberikan ciri untuk wilayahnya.
“Kalau masyarakat sedang mengalami banyak musibah yang banyak muncul di kolam keramat tersebut jenis ikan Gabus ( Bogo/Sunda ). Sebaliknya bila masyarkat di sini sedang mengalami kemakmuran ikan yang muncul tersebut ikan Nileum,” jelasnya.
Daday menambahkan, karena situasi masyarakat sekitar Astana Gede saat ini mengalami kesulitan akibat musim kemarau, serta harga-harga bahan pokok dipasaran sedang mengalami kenaikan. Maka yang muncul dikolam keramat tersebut ikan Gabus.
“Walaupun terdapat ikan di kolam keramat tersebut namun warga di sini sangat tabu untuk mengambilnya karena ikan-ikan tersebut kemunculanya serta hilangnya dari kolam itu secara misterius penuh nuansa gaibnya,” ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar