Minggu, 09 Agustus 2015

Peserta Jalan Sehat HUT Koprasi Saat Berkumpul Dihalaman Sekertariat Dekopinda (foto: husen)
Peserta Jalan Sehat HUT Koprasi Saat Berkumpul Dihalaman Sekertariat Dekopinda (foto: husen)

Waduh! Ratusan Koperasi Di Kabupaten Ciamis Ambruk

CIAMIS, FOKUSJabar.com: Ratusan koperasi yang ada di Kabupaten Ciamis ambruk dan hampir tidak beroperasi lagi. Tak beroperasinya sejumlah koperasi disebabkan karena banyaknya koperasi yang tidak terkelola dengan baik.
“Dari Enam ratus enam puluh tiga koperasi yang tercatat kini hanya tinggal empat puluh saja yang masih aktif,” kata Maman Ketua DEKOPINDA Kabupaten Ciamis disela-sela Jalan Sehat HUT Koperasi, Minggu ( 9/8/2015 ).
Maman menjelaskan, masih bertahannya 40 koperasi di Kabupaten Ciamis disebabkan karena adanya agenda Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang digelar untuk kemajuan koperasi.
Sedangkan koperasi yang sudah tidak aktif, mereka tidak menggelar RAT sebagaimana semestinya, sehingga koperasi tersebut tidak terkelola dengan baik.
“Melihat kenyataan tersebut kini Dekopinda sedang berusaha untuk membangkitkan kembali koperasi-koperasi tersebut dengan berbagai cara,” ujar Maman.
Program yang sedang digarap Dekopinda saat ini ialah membangkitkan kembali koperasi yang sudah tidak aktif tersebut, yaitu dengan melakukan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat agar mereka paham tentang pengelolaan koperasi yang sesuai dengan peraturan.
“Dekopinda sebagai pembina dari semua koperasi bertanggungjawab untuk memulihkan kembali koperasi ditengah masyarakat,” tukasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar