Jumat, 31 Juli 2015

Sukiam (73) Penjual Gorengan (Foto: Riza)
Sukiam (73) Penjual Gorengan (Foto: Riza)

Hebat! Nenek Ini Memilih Berjualan Daripada Mengemis

CIAMIS,FOKUSJabar.com: Seorang nenek asal Kawali Kabupaten Ciamis Sukiam (73) setiap hari berkeliling ke setiap penjuru Kabupaten Ciamis menjajakan gorengan (jualan) untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.
“Saya orang zaman dulu, pendidikan juga sampi Sekolah Rakyat (SR). Jadi kalau hidup di zaman sekarang, ya seperti ini jadinya. Dari zaman kemerdekaan mengais rezeki dengan berdagang dan bertani seadanya, yang penting bisa makan dan beli baju untuk menutupi aurat,” kata Sukiam saat menawarkan gorengan kepada pelanggan di Taman Raflesia Alun-alun Ciamis, Jumat (31/7/2015).
Sukiam tidak memiliki anak, suaminya Supriantono pun telah meninggal di usia  84 tahun karena penyakit dalam yang dideritanya pasca ikut berjuang memerdekakan Indonesia.
” Enin (nenek) mah nggak punya anak, da si babaknya punya penyakit dalam yang menyebabkan Enin nggakbisa punya anak,” tuturnya.
Meski harus bersusah payah menghidupi diri sendiri dengan berjualan keliling, Sukiam mengaku bahagia melihat kemajuan kehidupan masyarakat setelah Indonesia Merdeka.
Syukur Alhamdulilah, sekarang mah semua sudah serba enak, Enin mah sudah menikmati segini adanya apa yang dikasih Alloh SWT, berjualan tidak mengemis,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar