Selasa, 28 Juli 2015

PON XIX Jabar (web)
PON XIX Jabar (web)

Venue PON XIX Siap Digunakan Pada Waktunya

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XIX/2016 optimistis jika pembangunan venue cabang olahraga akan selesai sesuai target yakni pada tahun 2015. Meski tidak selesai 100 persen, namun venue tersebut sudah bisa digunakan dan layak untuk pertandingan sekelas PON.
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemukiman dan Perumahan (Diskimrum) Jawa Barat Boy Iman Nugraha menuturkan, skema persiapan penyelenggaraan PON XIX/2016 tidak terlalu riskan bagi Jawa Barat. Pasalnya, sarana prasarana pertandingan sudah banyak tersedia. Pendekatan persiapan venue pun dilakukan melalui dua skema yakni optimalisasi venue yang sudah ada dan pembangunan venue.
“Yang kita targetkan, pembangunan arena yang berstandar nasional, minimal. Pembangunan baru yang dilakukan menjadi terobosan program. Tidak lebih dari delapan gedung yang akan dibangun,” ujar Boy yang juga menjabat sebagai Kabid Sapras PB PON XIX/2016 Jabar.
Dalam proses pembangunan venue tersebut, pihaknya akan lebih mengutamakan pada optimalisasi dan fungsional. Untuk itu, setiap cabang olahraga pun jangan terlalu berpikiran idealis dalam pembangunan venue tersebut.
“Bukan berarti meminimalisir tapi minimalis. Venue dibangun sesuai fungsi, tapi tetap optimal. Untuk itu, setiap cabang olahraga jangan terlalu idealis dalam pembangunan venue tersebut,” terangnya.
Prioritas pembangunan, untuk menyiapkan lapangan/sarana prasarana yang berstandar nasional dan layak digunakan saat PON XIX/2016 mendatang. Secara prinsip, pembangunan baru dilakukan untuk jangka panjang. Sedangkan sarana prasarana penunjang, bisa dibangun non permanen.
“Ini momentum kita sebagai tuan tumah, kita berharap semuanya berjalan lancar dan tetap bisa mengangkat harkat martabat Jabar. Kita optimistis persiapan venue yang ditargetkan akhir tahun selesai meski tidak 100 persen,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar