Jumat, 31 Juli 2015

Kandang-Ayam-3

Peternak Dan PS Libur, Kandang Ayam Di Ciamis Kosong

CIAMIS, FOKUSJabar.com : Seluruh peternak dan Poultry Shop di Kabupaten Ciamis libur. Bahkan kandang ayam milik ribuan peternak juga kosong. Kekosongan ayam ini sudah berjalan sejak seminggu sebelum Lebaran Idul Fitri dan diperkirakan bakal berlangsung hingga puluhan hari setelah Lebaran.
Kandang Ayam kosong. Foto/Web.
Kandang Ayam kosong. Foto/Web.
Pengurus Kerukunan Perunggasan Priangan Timur yang juga anggota DPRD Ciamis dari Fraksi PAN, Komar Hermawan mengatakan kosongnya kandang dipicu dari belum panennya DOC. Sementara menjelang lebaran bahkan sejak Rmadhan panen ayam baik broiler maupun pejantan besar-besaran hingga kandang kosong.
“Sebelumnya kan ayam dipanen, otomatis di kandang gak ada ayam. Ngisinya dari mana, ya nunggu panen DOC. Rentan waktunya antara 20 hari bahkan sampai 50 hari, baru DOC bisa dipanen, untuk mengisi kandang-kandang ayam yang sekarang masih kosong, ” ujar Komar, di ruang Fraksi PAN DPRD Ciamis, Jumat (31/07/2015).
Intinya menurut Komar ayam dianggap kosong di kandang ini dipicu oleh siklus panan DOC dan panen ayam itu sendiri. Kosongnya kandang juga membuat peternak bahkan Poultry Shop di Ciamis libur.
Di Ciamis dari delapan ribu peternak ayam Jantan dan belasan ribu peternak ayam broiler, perkandangnya bisa memproduksi 2500 ayam untuk jantan dan 4 ribu ayam untuk kandang ayam broiler.
“Karena spesifikasi perusahaan PS yang saya miliki di ayam pejantan, maka saya hanya bisa memastikan jumlah produksi ayam pejantan di Ciamis perminggu sebanyak 450 ribu ayam, ” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar