Selasa, 28 Juli 2015

Menolak Penggenangan Jatigede, Pemerhati Lingkungan Berkumpul
Penggenangan waduk jatigede (sosekling.pu)

Menolak Penggenangan Jatigede, Pemerhati Lingkungan Berkumpul

BANDUNG, FOKUSJabar.com:  Para aktivis dan organisasi pemerhati lingkungan kembali berkumpul adakan musyawarah dalam upaya membatalkan rencana penggenangan Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang, Senin (27/7/2015).
Musyawarah yang dihadiri oleh berbagai pihak yang terkait dengan proyek ini, turut hadir berbagai LSM peduli lingkungan, hadir pula Polres Sumedang dan Lembaga Bantuan Hukum Kota Bandung.
Ketua Umum Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS), Mubiar Purwasasmita mengatakan, pemerintah lagi-lagi harus memikirkan dampak dari penggenangan yang akan dilakukan pada Waduk Jatigede tersebut.
“Bendungan itu dibangun dalam tanah yang sangat sensitif. Dari dulu, daerah itu merupakan gudang beras di Kabupaten Sumedang dan menjadi situs-situs budaya serta kearifan lokal yang sudah ditanamkan di tatar Sunda,” ujar Mubiar kepada PRFM, Senin, (27/7/2015).
Hingga saat ini, belum ada respon yang berarti dari pemerintah. Namun begitu, Mubiar mengatakan, ia dan berbagai pihak pemerhati lingkungan akan terus melakukan upaya agar penggenangan tidak jadi dilaksanakan. Berbagai aksi pun akan digelar di beberapa tempat seperti di Gedung Sate, Lokasi Jatigede, dan kantor Bupati Sumedang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar