Minggu, 26 Juli 2015

Air-PDAM

Jika Intak Gunung Cupu Beres, Pasokan Air PDAM Ciamis Aman

CIAMIS, FOKUSJabar.com : Kabag Pelanggan dan Layanan PDAM Ciamis Dadang Firdaus mendampingi Direktur Cece Hidayat mengatakan, jika pembangunan Intak Gunung Cupu dan saluran air baku ke Instalasi Penjernihan Air di Sindangrasa Ciamis selesai, pasokan air PDAM Ciamis ke pelanggan bakal aman.
“Kalau Intak Gunung Cupu dan saluran air ke Instalasi di Sindangrasa selesai, kami yakin pasokan air baku aman. Sumber air baku dari Gunung Cupu dan Sungai Citanduy itu, debetnya lebih besar ketimbang Sungai Cileeur, ” ujarnya, Minggu (25/07/2015).
Sumber air Gunung Cupu dan Sungai Citanduy lanjutnya, bisa memasok 220 liter perdetik perhari, sementara kebutuhan PDAM Ciamis 120 liter perdetik perhari. Artinya pelayanan akan berlangsung normal selama 24 jam kendati musim kemarau.
Pembangunan Intak Bendung Gunung Cupu dan saluran air ke Instalasi Penjernihan Sindangrasa dijadwalkan bisa seleseai pada Desember 2015. Sehingga pada tahun 2016 mulai bisa dimanfaatkan.
Diberitakan sebelumnya dengan hujan yang tidak kunjung turun di Ciamis pelayanan PDAM kepada sejumlah pelanggan di areal tertentu terganggu. Bahkan jika bulan Agustus hujan tak juga turun, maka PDAM berencana akan menghanguskan 700 rekening tagihan pelanggan, karena tidak bisa melayani air khususnya di wilayah Ciamis kota.
Sumber air baku untuk kebutuhan Ciamis kota, diambil dari air di Sungai Cileeur yang selama musim kemarau ini debit airnya semakin berkurang. Kebutuhan air PDAM Ciamis perhari sebanyak 120 liter perdetik perhari, hanya bisa dipenuhi 10 liter perdetik perhari. PDAM pun sementara terpaksa memberlakukan penjadwalan pelayanan air bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar