Kamis, 30 Juli 2015

Ini Dia Dampak Negatif Penggenangan Jatigede
Ilustrasi (web)

Ini Dia Dampak Negatif Penggenangan Jatigede

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Bagian Advokasi Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat, Saung mengatakan banyak permasalahan yang nantinya akan timbul jika Waduk Jatigede dipaksakan digenangi.
“Pandangan pemerintah dalam pembangunan proyek ini adalah untuk pembangkit listrik dan pengairan sawah, sementara sawah di daerah penggenangan tersebut adalah daerah penghasil beras yang sangat bagus. Ini yang menjadi pertanyaan,” ujar Saung kepada PRFM, Kamis, (30/7/2015).
Selain itu, Saung mengatakan lokasi waduk yang berada di lokasi episentrum gempa akan sangat berbahaya jika digenangi. Jika waduk sampai jebol, wilayah Majalengka dan Indramayu akan terkena banjir bandang. Ditambah Daerah Aliran Sungai (DAS) di daerah tersebut keadaannya sudah rusak karena di hulunya sudah banyak penggundulan.
Menurut Saung, proyek yang sudah direncanakan sejak zaman pemerintahan Presiden Soekarno ini dulunya sempat akan dikerjakan dan didanai oleh Word Bank. Namun, pihak Walhi sempat melakukan negosiasi dan Word Bank pun tidak jadi mengambil projek ini dengan melihat berbagai dampak yang akan muncul. Ia berharap pemerintah pun bisa memikirkan lebih lanjut, dampak dari penggenangan Waduk Jatigede ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar